Sabtu, 02 Juli 2011

Pencegahan kecelakaan kerja menggunakan program P.E.M.E


        Di dalam subuah pekerjaan pasti ada potensi atau sumber kecelakaan kerja yang akan menimpah siapa saja yang bekerja di area masing-masing pekerjaan namun besar kecilnya sebuah potensi kecelakaan kerja yang dapat terjadi tergantung pada suatu jenis pekerjaan. Maka dari itu untuk meminimaliskan sebuah potensi bahaya kecelakaan kerja perlu diperhatikan terlebih dahulu sebuah PEME dimana PEME ialah Person (orang), Equipment (peralatan), Material, Environment (lingkungan). Yang mana PEME ini harus sangat diperhatikan dan ditaatin sesuai prosedur kerja yang benar oleh setiap pekerja tidak terkecuali management sekalipun.

1. Person : yang pertama adalah kita lihat diri kita masing-masing sebelum bekerja apakah fit atau tidak fit untuk melakukan sebuah pekerjaan karena jika tidak fit kita dalam bekerja pastilah akan lemas dan jika kita bekerja diketinggian kita bias saja berpotensi jatuh. Maka kita harus fit dalam melakukan pekerjan.

2. Equipment : yang kedua ini sama seperti yang pertama karena jika peralatan kerja kita rusak atau tidak dalam kondisi baik maka akan menyebabkan potensi kecelakaan pada diri kita sendiri seperti pengait full body harness kita rusak pada saat kita ditas ketinggian kita tidak ada penahan jika kita jatuh.

3. Material : yang ketiga ini beda dari yang pertama dan kedua, kita juga perlu memperhatikan material yang kita angkat. Beban dan luas material harus sesuai dengan alat kerja kita jika sangat panjang dan lebar material 6m dan 4m serta bebannya 4T harus menggunakan 4 sling dengan kapasitas masing-masing sling 2T agar aman pada waktu diangkat.

4. Environment : yang terakhir ini juga sangat penting, yaitu lingkungan dimana lingkungan bisa juga menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja seperti jika lingkungan tidak bersih dari material tajam maka kita sewaktu-waktu akan terkena material tajam tersebut. Maka terapkanlah 5R di lingkungan kerja kita.  

Maka dari itu untuk mengurangi angka kecelakaan kerja di sebuah area pekerjaan harus selalu menggunakan prosedur kerja yang benar sesuai dengan Standart Operasional Prosedur yang benar salah satunya dengan menggunakan PEME, akan tetapi pihak menegement pun harus selalu mendukung adanya prosedur keselamatan kerja dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar